Siklus Haid

Siklus haid adalah daur menstruasi atau haid yang tiap bulannya dialami wanita ketika masih dalam usia produktif. Haid atau menstruasi merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh. Kejadian ini berlangsung tiap bulan pada perempuan. Dengan kata lain, haid merupakan suatu proses pembersihan rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar-kelenjar dan sel-sel yang tidak terpakai karena tidak ada pembuahan.

Siklus Haid

Siklus Haid

Bila terjadi pembuahan atua kehamilan, haid tidak akan terjadi. Pada kehamilan, dinding rahim akan bertambah tebal, pembuluh darah bertambah banyak, kelenjar dan sel-sel di dalam rahim berkembang untuk menyokong pertumbuhan janin. Haid adalah proses normal pada perempuan dewasa.

SIKLUS HAID NORMAL

Usia mulai haid normlanya 112 atau 13 tahun. Sebagaian perempuan mengalami haid lebih awal (usia 8 tahun) dan lebih lambat (18 tahun). Sekitar usia 40-50 tahun, haid berhenti atau dinamakan menopause.

Siklus haid yang normal terjadi setiap 21-35 hari sekali, dengan lama hari haid berkisar 3-7 hari. Jumlah darah haid normal berkisar 30-40 mililiter (ml). Menurut hitungan para ahli, perempuan akan mengalami 500 kali haid selama hidupnya.

Siklus haid dibagi dalam dua tahap yaitu tahap pra-ovulasi (dari hari pertama haid sampai saat ovulasi) dan tahap pasca ovulasi (dari hari ovulasi sampai haid berikutnya). Lamanya tahap pra ovulasi biasanya sekitar 2 minggu tetapi ni dapat berubah-ubah dari bulan ke bulan dan berbeda-beda antara wanita yang satu dengan yang lain. Tahap pasca ovulasi adalah tetap dan sama yaitu rata-rata 14 hari (10-16 hari).

Jadi, perbedaan dalam panjang pendeknya siklus haid ditentukan oleh tahap pra ovulasi. BIla siklus haid tidak teratur hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Tetapi yang sangat penting adalah karena keadaan psikologi wanita yang bersangkutan, misalnya banyak pikiran, tertekan, sedih atau justru sangat gembira dan stres.

FASE SIKLUS HAID

Darah haid berasal dari campuran dair hasil peluruhan dinding rahim (lapisan endometrium uteri), bekuan darah, cairan dan lendir, dan beberapa mikroorganisme (flora normal) yang senantiasa hidup di daerah lubang senggama (vagina ) dan leher rahim (serviks uteri).

Panjang siklus haid pada seorang wanita yang normal adalah sekitar 28 hari atau 1 bulan. Siklus haid secara medis meliputi 4 fase :

  1. Fase proliferasi (folikuler), terjadi pada hari ke-5 sampai ke-14 siklus haid klasik. Pada masa ini adalah masa paling subur bagi seorang wanita.
  2. Fase sekresi (luteal), terjadi pada hari ke-14 sampai ke-28 siklus haid klasik.
  3. Fase menstruasi (haid), terjadi pada hari ke-28 sampai ke-2 atau 3 siklus haid klasik.
  4. Fase regenerasi (pascahaid), terjadi pada hari pertama sampai ke-5 siklus haid klasik.

Namun adapula kelainan-kelainan yang dapat terjadi pada proses perdarahan haid dalam 1 siklus haid klasik adalah kelainan yang berhubungan dengan banyaknya darah dan lama terjadinya proses tersebut, kelainan dari siklus haid, proses perdarahan lainnya yang terjadi di luar proses perdarahan haid, dan gangguan haid yang berhubungan dengan hasil konsepsi kehamilan.

Siklus haid pada wanita tidak selamanya terjadi dengan normal dan berjalan mulus. Ada beberapa gangguan haid yang terjadi salah satunya adalah siklus haid pendek atau yang dikenal dengan istilah Polimenorrhea. Sebaiknya jika Anda mengalami gangguan haid yang terjadi dengan siklus yang pendek, maka lakukan konsultasi ke dokter karena akan sangat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Dengan kata lainnya adalah bahwa siklus haid pendek akan adalah salah satu gangguan dari struktur anatomi pada organ yang bisa terjadi karena adanya suatu gangguan hormonal. Jika ditemukan kasus endometrium yang kurang baik hal ini akan mengakibatkan terjadinya kehamilan yang sulit. Dan mengingat gangguan ini akan membuat kesuburan mengalami gangguan dan sebaiknya lakukanlah konsultasi ke dokter Anda untuk bisa mendapatkan suatu solusi dan juga obat yang tepat yang bisa membantu untuk mengatasi gangguan menstruasi yang Anda alami ini. Selain itu, menerapkan pola hidup yang sehat dan juga membiasakan diri Anda untuk melakukan olahraga dengan teratur adalah salah satu hal yang harus dilakukan hal ini bisa membantu untuk menghindari diri dari gangguan menstruasi yang terjadi.

CARA MENGATASI HAID TIDAK TERATUR

Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi siklus haid yang tidak teratur adalah :

Obat haid daun pepaya.
Daun pepaya bisa digunakan untuk membantu melancarkan haid. Cara membuatnya adalah ambil beberapa helai daun pepaya yang masih segar dan muda. Cucilah dan setelah itu rebus dengan menggunakan air. Jika Anda ingin membuat 1 gelas maka Anda cukup merebus dua helai daun pepaya, air rebusan tadi ditambahkan dengan asam dan garam dan ramuan ini diminum selagi hangat.

Siklus Haid


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Siklus Haid and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.