Siklus Haid Wanita

Pada umumnya, perempuan mulai mendapat haid pertama mereka pada usia antara 10-16 tahun. Biasa disebut dengan istilah menarche (dibaca : menarki).

Siklus haid biasnaya dhitung dari hari pertama perdarahan pad abulan sekarang, sampai ke hari pertama perdarahan pada bulan berikutnya. Tetapi siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda. Secara umum, silus haid pada wanita adalah 28 hari. Gadis yang berusia remaja biasa mendapati bahwa siklus haid mereka tidak tetap. Hal ini pun masih dianggap wajar.

Siklus menstruasi dapat dijelaskan seperti berikut dengan mengambil contoh siklus 28 hari :

1. Hari ke-5

Kelenjar pituitari memberi sinyal kepada ovarium untuk mempersiapkan sebutir telur untuk dilepas. Telur tersebut akan dimatangkan oleh ovairum.

Pada saat bersamaan, saluran uterus akan memadat di isi dengan darah dan jaringan-jaringan, sebagai persiapan untuk menampung telur yang sudah dibuahi sehingga pada saat tersebut, sanga gadis sudah siap utuk sebuah kehamilan.

2. Hari ke-14

Sebutir telur pun dilepas atau biasa disebut dengan ovulasiovulasi. telur akan menelusuri tuba falopi untuk menuju uterus. Jika dia tidak dibuahi, telur pun bersiap-siap untuk dibuang.

3. hari ke-28

Jika ternayta telur tidak dibuahi, telur akan dikeluarkan dari tubuh perempuan beserta darah dan jaringan-jaringan yang tadinya dipersiapkan untuk menampungnya.

Mengidap suatu peyakit perubahan berat badan yang drastis, stress dapat membuat siklus menstrusi menjadi tidak terduga, karena bagian otak yang mengatur siklus menstruasi mudah sekali terganggu oleh kondisi-kondisi diatas.


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Siklus Haid and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *