Siklus Haid Tidak Teratur

Siklus Haid Tidak Teratur – Setiap wanita sehat mengalami siklus haid (menstruasi) setiap bulan. Lama siklus haid tiap bulan berbeda-beda pada setiap wanita. Umumnya, siklus berlangsung sekitar 28 hari dan ada juga yang hanya 32 hari atau sampai 40 hari. Hal tersebut masih dianggap normal. Terkadang, haid tidak datang pada waktu yang semestinya atau terlambat. Jika perbedaan lamanya siklus yang terjadi lebih dari 1 minggu maka haid dikatakan tidak teratur.

Siklus Haid Tidak Teratur

Siklus Haid Tidak Teratur

Ketidaknormalan haid yang sering terjadi di antaranya siklus haid tidak teratur, periode haid kurang atau lebih dari periode normal, volume haid sedikit atau terlalu banyak dan terasa sakit saat haid. Gangguan haid tersebut terjadi karena tercemarnya kelenjar-kelenjar hormon oleh toksin, terutama zat kimia sinetis.

GEJALA SIKLUS HAID TIDAK TERATUR

Haid yang tidak normal juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, terutama kelenjar tiroid dan lemahnya organ-organ reproduksi. Gejala-gejala haid tidak teratur antara lain adalah :

  • Terasa nyeri hebat saat haid
  • Siklus haid tidak teratur
  • Volume haid tidak normal, bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit, bahkan berhenti haid sama sekali sebelum masa menopause.

Jadi, teratur tidaknya haid bukan dinilai dari hari kalendernya, melainkan dari keteraturan panjang daur haidnya. Haid baru dinilai tidak teratur apabila panjang daurnya tidak konstan dan bergganti-ganti. Kadang sesuai dengan panjang daurnya, kadang lebih pendek atau kadang lebih panjang.

SIKLUS HAID TIDAK TERATUR

Melihat pola daur haid bervariasi tidak selalu bulat 30-31 hari seperti panjang harus dalam kalender, maka tidak mungkin haid datang selalu tepat jatuh pada tanggal yang sama dengan di kalender. Hanya mereka yang panjang daur haidnya sama dengan panjang hari dalam kalender yakni 30-31 hari saja, yang hari haidnya jatuh pada tanggal yang sama dengan tanggal di kalender setiap bulannya.

Jika daur haid seorang wanita kurang dari 31 hari (kurang dari panjang hari kalender), maka (seolah-olah) haidnya tidak teratur, melihat tanggal haidnya selalu tidak tepat dengan tanggal di kalender karena jatuhnya selalu maju dibanding dengan tanggal di kalender. Haid seseorang baru dinilai tidak teratur, bila panjang daur haid selalu berubah-ubah dari yang biasanya. Terkadang lebih panjang dari daur normal, di saat lain kurang dari daur normal. Begitu selalu berganti-ganti dari bulan ke bulan berikutnya. Pada kasus haid seseorang kadang mundur kadang maju itulah yang disebut sebagai tergolong haid tidak teratur.

Siklus haid tidak teratur setelah menikah terjadi bukan karena hubungan suami istri yang dilakukan dan tidak ada hubungannya sama sekali. Beberapa hal yang menyebabkan ini terjadi mungkin saja karena gangguan yang terjadi pada produksi hormon di dalam tubuh yang selanjutnya akan mengakibatkan siklus haid menjadi tidak teratur. Selain itu, penggunaan obat-obatan hormonal seperti pil KB dan juga suntik KB dan obat untuk alergi bisa mengakibatkan masalah haid tidak teratur setelah menikah. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang drastis dalam jangka waktu yang pendek, dan mengalami stres akibat pekerjaan dan masalah lainnya, kemungkinan bisa saja menjadi penyebab siklus haid tidak teratur.

Sedangkan siklus haid tidak teratur setelah keguguran pada setiap wanita terjadi berbeda-beda. Hal ini dikarenakan sema tergantung dari tingkat kesuburan masing-masing wanita. Biasanya untuk wanita yang belum hamil akan mengalami siklus haid yang teratur. Dan untuk siklus haid yang normal akan mengalami haid yang normal bulan depan sama dengan bulan sebelumnya. Jadi, belum ada suatu ketentuan bahwa harus berapa lamanya menstruasi bisa kembali terjadi setelah mengalami keguguran, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini terjadi. Keguguran kemungkinan bisa mengakibatkan sikus haid mengalami perubahan, namun ada juga yang tidak memberikan pengaruh apapun.

Sedangkan siklus haid tidak teratur setelah melahirkan biasanya Anda akan mengalami gejala PMS yang disertai dengan muntah dan juga rasa sedikit pusing. Adanya suatu Lokhia atau pendarahan setelah melahirkan yang terdiri dari lendir, darah, dan juga jaringan aloughed off yang berjajar di dalam rahim selama proses kehamilan. Dan smpai 3-5 hari mengandung jumlah darah yang banyak. Hal ini mungkin terlihat mirip dengan darah yang keluar saat Anda sedang mengalami menstruasi namun jika dilihat lebih detail lagi, darah yang keluar cenderung lebih mirip dengan gumpalan. Walaupun Lokhia ini akan habis dalam jangka waktu beberapa minggu, dengan terjadinya suatu perubahan warna dan juga konsistensi yang terjadi. Setelah sekitar 4-5 minggu setelah melahirkan dan akan menjadi rendah pada akhirnya akan berhenti dengan sendirinya.

Salah satu hal yang menjadi penyebab siklus haid tidak teratur setelah melahirkan adalah karena menyusui. Karena tubuh anda cukup baru untuk berhadapan dengan fenomena menyusui, oleh sebab itulah ia mencoba untuk beradaptasi dengan adanya [erubahan yang terjadi pada siklus menstruasi yang Anda alami.

Siklus Haid Tidak Teratur


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Siklus Haid and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>