Siklus Haid Normal

Siklus Haid Normal – Pada umumnya perempuan mendapat haid pertama mereka pada usia antara 10 sampai 16 tahun. Biasa disebut dengan istilah menarche. Siklus haid normal biasanya dihitung dari hari pertama pendarahan pada bulan sekarang sampai ke hari pertama pendarahan pada bulan berikutnya. Namun siklus menstruasi  pada setiap wanita berbeda. Secara umum, siklus haid pada wanita adalah 28 hari. Gadis yang berusi a remaja  biasa mendapati bahwa siklus haid mereka tidak tetap. Hal inipun masih dianggap wajar. Mengidap suatu penyakit, perubahan berat badan yang drastis dan stress dapat membuat siklus menstruasi mudah sekali terganggu oleh kondisi-kondisi diatas.

Siklus Haid Normal

Siklus Haid Normal

Beberapa remaja mempunyai siklus haid normal yang tepat sekali laksana hitungan jam. Tetapi ada pula yang periodenya tidak selalu salam di setiap bulannya, terutama jika dibulan itu disibukkan dengan tugas-tugas menumpuk , ada yang sedang bermasalah dengan pacar. Semua itu normal.  Masih dianggap normal pula jika hari-hari menstruasi wanita untuk bulan kemarin hanya 2 hari, namun dibulan sekarang sampai satu minggu. Tubuh kita yang masih mencari jadwal yang paling tepat.

 SIKLUS HAID NORMAL

Jadi bagaimana bisa mengetahui  kapan tiba saat menstruasi jika siklus tidak teratur? Jika siklus belum teratur atau siklus haid normal perhatikan saja tanda-tanda yang diberikan tubuh ini adalah tanda sebentar lagi menstruasi akan datang yaitu :

  • Punggung terasa kram dan kaku.
  • Payudara terasa berat dan sensitive
  •  Sakit kepala
  • Jerawat bermunculan
  • Pola tidur berubah
  • Mood tidak menentu
  • Tubuh terasa bengkak

Perlu waktu lebih dari 3 tahun dari sejak menarki hingga akhirnya seorang remaja  mempunyai siklus menstruasi yang teratur.  Sementara siklus menstruasi itu sendiri bermacam-macam dari siklus mulai 21 harian sampai 45 harian.  Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, yaitu :

  • Sedang menjalani pengobatan tertentu
  • Terlalu berat berolahraga
  • Kurangnya asupan kalori
  • Berat badan dibawah standar
  • Ketidakseimbangan hormone karena adanya kelainan pada kelenjar tiroid
  • Tubuh terlalu banyak memproduksi androgeb. Hormon androgen ini lalzimnya lebih banyak diproduksi laki-laki. Sebuah hormone yang membuat tubuh laki-laki berotot, menumbuhkan bulu-bulu pada wajah, suara menjadi berat serta tumbuhnya bulu-bulu kemaluan.

Ciri khas kedewasaan seorang wanita adalah adanya perubahan-perubahan siklik pada alat kandungannya sebagai persiapan untuk mampu hamil. Selama masa kanak-kanak ovarium masih dalam keadaan istirahat, belum mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Pada masa pubertas, terjadi perubahan-perubahan alam ovarium yang mengakibatkan pula perubahan besar pada seluruh tubuh wanita tersebut. Hal ini merupakan sproses yang kompleks dan harmonis yang melibatkan struktur-struktur seperti serebrum, hipotalamus, hipofisis, alat-alat genital, korteks adrenal, glandula tiroidea, dan kelenjar-kelenjar lain.

TAHAP SIKLUS HAID NORMAL

Siklus haid normal dibagi menjadi dalam dua tahap, yaitu praovulasi (pada hari pertama haid sampai saat ovulasi) dan tahap pasca ovulasi (dari ovulasi sampai haid berikutnya). Lamanya tahap praovulasi dapat berubah-ubah setiap bulan dan antara wanita yang satu dengan lain berbeda pula lamanya. Tetapi tahap pasca ovulasi adalah tahap yang sama yaitu rata-rata 14 hari (12-16 hari). Jadi, perbedaan panjang-pendeknya siklus ditentuka n oleh tahap praovulasi. Dalam hal ini keadaan psikologis wanita yang bersangkutan dapat ikut terpengaruh dan berubah-ubah menurut tahap siklusnya.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada siklus haid bulanan Anda :

  1. Tanggal
    Sebaiknya Anda selalu mencatat tanggal berapa haid Anda datang dan berhenti. Apakah terjadi lebih lama atau bahkan lebih pendek dari biasanya terjadi.
  2. Banyaknya menstruasi
    Perhatikanlah berapa kali Anda harus mengganti pembalut dalam sehari, apakah terjadi dengan frekuensi yang sering atau jarang dibandingkan biasanya.
  3. Pendarahan yang terjadi
    Jika Anda sering mengalami flek kecokelatan diantara masa periode menstruasi, hal ini menandakan adanya suatu pendarahan yang tidak normal.
  4. Nyeri atau sakit haid
    Sakit haid yang dirasakan terjadi dengan lebih berat atau tidak dibandingkan biasanya.

Namun, jika Anda merasakan adanya kejanggalan dari siklus haid atau menstruasi Anda, maka Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter jika mengalami :

  1. Menstruasi yang berhenti lebih dari 3 bulan padahal Anda sedang tidak hamil
  2. Menstruasi yang terjadi berlangsung lebih dari seminggu.
  3. Jumlah banyaknya darah terjadi lebih dari biasnaya sehingga frekuensi mengganti pembalut menjadi lebih sering 1-2 jam.
  4. Siklus menstruasi yang terjadi berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
  5. Dalam periode menstruasi yang terjadi Anda akan mengalami flek kecokelatan diantara siklus haid yang sedang Anda alami.
  6. Anda akan mengalami rasa nyeri atau sakit haid yang hebat sehingga membuat aktivitas Anda menjadi terganggu.

Itulah informasi mengenai siklus haid normal wanita dan gangguan haid yang sering terjadi pada wanita. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Siklus Haid Normal


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Siklus Haid and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>