Cara Mengetahui Masa Subur Perempuan

Proses fertilisasi hanya bisa terjadi saat ovulasi. Pasa masa inilah wanita dikatakan subur sehingga mudah untuk terjadi fertilisasi atau pembuahan.

Hubungan intim yang dilakukan beberapa hari sebelum dan sesudah masa ovulasi, hasilnya pun akan sangat berbeda. Karena itu, wajib dipelajari dan dipahami cara menentuan masa ovulasi.

Berikut ini beberapa metode yang biasanya digunakan :

1. Berdasarkan siklus menstruasi

Terdapat dua metode untuk menentukan masa ovulasi memakai sistem kalender, yaitu berdasar siklus menstruasi teratur dan tidak teratur.

a. Siklus menstruasi teratur

Ovulasi atau pelepasan sel telur yang biasanya terjadi 14 hari sebelum hari pertama siklus haid berikutnya. Perhitungan hari pertama haid bisa ditentukan apabila darah yang keluar deras pada hari itu, tepatanya sebelum pukul 24.00. Namun , jika yang keluar hanya berupa bercak darah belum bisa dihitung sebgai hari pertama haid.

Berapa pun lamanya siklus haid seorang wanita, menstruasi selalu terjadi pada hari ke-14 setelah ovulasi. Untuk menentukan masa ovulasi, maka siklus haid selalu dikurangi 14.

Contoh Menentukan Masa Ovulasi dengan Sistem Kalender

Menentukan masa ovulasi atau masa subur dengan sistem kalender merupakan cara yang tepat bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur dengan onterval waktu 22-35 hari. Berikut contoh perhitungannya.

Seorang wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari. Maka, waktu ovulasi atau masa suburnya jatuh pada hari ke 14 sebelum menstruasi bulan berikutnya. Angka ini berasal dari 28 dikurangi 14.

Contoh lain, siklus menstruasi seorang wanita selama 35 hari. Cara menghitung waktu ovulasi atau masa suburnya adalah 35-14=21 Jadi masa suburnya jatuh pada hari ke 21 sebelum menstruasi bulan berikutnya.

b. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Bagi wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur, agak sulit menentukan masa ovulasi atau masa suburnya, tetapi dapat disiasati menggunakan formula berikut :

Formula diatas tidak dapat digunakan jika jarak menstruasi wanita terlalu jauh perbedaanya.

2. Sistem Pengukuran Suhu Tubuh

Prinsip metode pun berdasarkan pengamatan bahwa ketika terjadi pelepasan sel telur terjadi, suhu tubuh sedikit meningkat. Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur dan sebelum bangkit dari tempat tidur atau sebelum makan dan minum, dengan mengukur suhu rektum atau vagina. Dari pengukuran suhu tubuh yang didapat diketahui bahwa hubungan seks dapat dilakukan dengan aman 3 hari setelah terjadi peningkatan suhu tubuh.


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Siklus Haid and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *